Kumpulan Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs

Selasa, 02 Februari 2016

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi (Alat-alat Komunikasi)

Pada pembahasan kali ini kita akan mengurai perjalanan perkembangan teknologi komunikasi yang dulunya dari asap, dari batu-batu dan kode-kode sampai alat komunikasi modern seperti yang ada di zaman sekarang. Tentunya sejak zaman dahulu manusia telah melakukan komunikasi untuk berinteraksi dengan manusia lainnya meskipun dengan cara maupun alat yang sangat sederhana. Kita akan membahas perkembangan komunikasi di zaman sebelum masehi maupun setelah masehi sampai era modern sekarang ini.

1. Periode Sebelum Masehi
a. Periode Sampai dengan 3000 SM (Sebelum Masehi)
Dizaman dulu bentuk komunikasi masih sangat sederhana terlebih bentuk-bentuk benda yang ditemukan dan mereka kenali juga masih sangat terbatas. Mereka menggambarkan pada dinding-dinding gua apa yang mereka lihat seperti berburu dan hasil binatang buruannya. Kemudian untuk berkomunikasi pada manusia lain mereka menggunakan bahasa yang sangat sederhana yaitu bahasa dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan (Karena di zaman itu manusia belum mengenal bahasa seperti sekarang ini).
b. Periode 3000 SM (Sebelum Masehi)
  • 3000 SM (Sumeria - Piktograf)
    Pada periode ini, untuk pertama kalinya manusia mengenal tulisan (huruf), yaitu oleh bangsa Sumeria yang pertama kali menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi, huruf yang digunakan untuk berkomunikasi ini berupa simbol-simbol yang dikenal dengan nama "Piktograf". Penyebutan huruf ini menghasilkan suara yang berbeda-beda sehingga mampu menjadi sebuah kata bahkan kalimat maupun bahasa yang memiliki arti sendiri.
  • 2900 SM (Mesir Kuno - Hireoglif)
    Pada periode ini adanya perkembangan tulisan yaitu huruf "Hieroglif" oleh bangsa Mesir Kuno yang dinilai lebih berkembang dan lebih maju dibanding dengan huruf piktograf yang digunakan oleh bangsa Sumeria. Huruf Hireoglif ini terdiri dari simbol-simbol tentang suatu obyek. Misalnya kendaraan, binatang, api, perkakas, dll. Untuk menulisnya biasanya bangsa Mesir Kuno menggunakan tanah liat yang digunakan sebagai media menulis.
  • 500 SM (Mesir Kuno - Papyrus)
    Pada periode ini bangsa mesir kuno telah mengenal kertas, yaitu kertas dari serat pohon papyrus karena pohon papyrus banyak ditemukan ditempat ini.
  • 105 SM (China - Kertas)
    Pada periode ini bangsa China mulai menggunakan kertas sebagai media untuk menulis. Dimana kerta yang digunakan terbuat dari bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan dan kemudian dikeringkan.
Selengkapnya buka --> Alat komunikasi zaman dahulu
2. Periode Setelah Masehi
a. Telegraf
Telegraf merupakan sistem pengiriman tulisan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Pada telegraf ini tulisan yang digunakan atau dikirimkan berupa kode-kode atau simbol yang dinamakan Morse. Istilah morse sendiri diambil dari nama penemu sandi ini yaitu Samuel Finley Breese Morse. Mr Morse menemukan alat ini pada tahun 1837 dimana alat ini banyak digunakan pada pertengahan abad 19 sampai pertengahan abad ke 20.

b. Telepon
Telepon merupakan suatu alat komunikasi dimana yang dikirimkan berupa suara.
Sebenarnya masih menjadi perdebatan siapakah penemu alat komunikasi telepon ini, dimana orang-orang banyak yang mengatakan bahwa Alexander Graham Bell yang menjadi penemu, namun sebelum itu sudah ada Antonio Meucci yang berhasil mematenkan karyanya yaitu telepon.

Menurut data-data yang saya peroleh, Alexander Graham Bell merupakan salah satu orang yang mempunyai andil besar dalam penemuan telepon. Pada tahun 1876, tepatnya tanggal 10 Maret 1876 ia meneruskan temuan telepon yang dibuat oleh Antonio Meucci. Sebenarnya, ide untuk temuan ini sudah ada sejak Antonio Meucci masih berumur 18 tahun. Kemudian, ia kembangkan ide tentang pembuatan telepon ini pada tahun 1874 saat ia bekerja di telegraf.

Untuk dapat menemukan alat ini, Bell dibantu oleh beberapa temuan pendahulunya, antara lain:
1) Stephen Grey, penemu alat yang dapat mengirimkan sinyal listrik melalui kabel pada tahun 1729.
2) Alessandro Volta, penemu baterai pertama pada tahun 1800.
3) Christian Oersted, penemu gejala elektromagnetik pada tahun 1820.
4) Samuel Morse, penemu telegraf pada tahun 1837.
5) Johann Philipp Reis, penemu telepon namun belum berhasil pada tahun 1861.
6) Antonio Meucci, mematenkan telepon hasil temuannya pada tahun 1871.

Seiring dengan perkembangan teknologi, telepon juga mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai alat komunikasi. Telepon sekarang berkembang sehingga dapat dibawa kemana-mana yang dinamakan dengan telepon genggam atau handphone. Perkembangan Handphone juga sangat pesat hampir setiap rumah bahkan setiap orang memiliki handphone sendiri sehingga penggunaan telepon kabel sekarang menurun.

c. Radio
Radio ini dikembangkan karena dizaman dahulu yang notabene menggunakan alat komunikasi berupa telepon dan telegraf masih mengalami kelemahan dimana kedua alat komunikasi tersebut membutuhkan kabel yang digunakan untuk mengirimkan pesan ke tempat atau ke orang yang dituju. Sehingga mengalami kendala pesan atau berita yang disampaikan hanya bisa sampai ke tempat yang dijangkau oleh kabel saja, maka dari itu para ilmuwan bekerja keras menemukan alat komunikasi baru yang tidak menggunakan kabel sebagai perantaranya. Maka muncullah alat komunikasi yang dinamakan oleh radio, dimana radio ini mengkonversi suara-suara kedalam bentuk kode-kode digitial sebelum di transmisikan.

Radio diciptakan berdasarkan penemuan-penemuan berbagai alat dari pendahulunya. Orang-orang yang berjasa hingga ditemukannya radio ini, antara lain:
1) Joseph Henry dan Michael Faraday, pada awal tahun 1800-an mengembangkan teori induksi.
2) Nikola Tesla, penemu kumparan Tesla yang kemudian dijadikan sebagai komponen vital dari pemancar radio pada tahun 1891.
3) Guglielmo Marconi, yang pada tahun 1901 berhasil mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
4) Lee Dee Forest, penemu tabung pipa vakum yang digunakan untuk mendeteksi dan memperkuat sinyal-sinyal radio. Pada tahun 1907 alat ini merupakan komponen vital pada penerima radio yang juga digunakan untuk televisi dan komputer
5) Edwin Howard Armstrong, yang pada tahun 1933 berhasil me-nemukan sistem radio FM (Frequency Modulation). Meski dalam cuaca yang buruk, sistem ini tetap menghasilkan suara yang jernih.
6) Pada tahun 1998 para peneliti mulai mengomersialkan sistem Digital Audio Broadcasting (DAB).

--> Mengenai alat komunikasi setelah masehi anda dapat membuka link ini,
Alat komunikasi modern

Demikian artikel mengenai Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi (Alat-alat Komunikasi). Semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada halaman yang ingin ditanyakan.

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Back To Top