Kumpulan Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs

Rabu, 12 Agustus 2015

Alat Komunikasi di Zaman Dahulu

Alat komunikasi yang digunakan pada zaman dahulu. Pernahkah kita berpikir orang-orang zaman dulu sebelum ditemukannya alat komunikasi seperti telephone, televisi, radio mereka berkomunikasi menggunakan apa?
Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas macam-macam alat komunikasi tradisional yang digunakan di Indonesia.
Pada zaman dahulu memanfaatkan alam sebagai media dalam berkomunikasi dengan masyarakat lain misalnya dengan memanfaatkan tumbuhan, daun, maupun binatang. Berikut macam-macam alat komunikasi zaman dahulu.

1. Alat komunikasi berupa tulisan
Merupakan suatu alat komunikasi yang berbentuk lembaran seperti kertas, biasanya menggunakan daun maupun pelepah pohon yang telah kering. Selain itu kulit binatang juga dapat digunakan sebagai media tulis dalam berkomunikasi. Alat-alat komunikasi tersebut berfungsi sebagai kertas seperti kertas pada zaman sekarang yaitu sebagai sarana atau tempat tulisan di tuangkan.
Contoh:
  • Daun lontar: dijumpai pada zaman kerajaan dulu, biasanya berupa maklumat atau pengumuman dari raja ke rakyatnya.
    daun lontar surat
    surat daun lontar
  • Prasasti: biasanya berupa tanda suatu tempat dimana prasasti tersebut berada, serta tahan lama karena terbuat dari media yang kuat seperti batu atau keramik.
    prasasti batu
    prasasti batu

2. Alat komunikasi berupa bunyi
Merupakan suatu alat komunikasi yang menggunakan suatu alat untuk menghasilkan suara. Suara yang ditimbulkan memiliki arti dan makna yang bermacam-macam sesuai dengan yang dipahami oleh masyarakat setempat.
Contoh:
  • Kentongan: suatu alat komunikasi yang terbuat dari batang bambu yang dilubangi dan cara penggunaan dengan cara dipukul untuk menghasilkan suara, misalnya jika di balaidesa atau di pos kamling kentongan dipukul secara terus menerus bisa berarti ada bahaya seperti kebakaran, banjir, maling, dll.
    kentongan
    kentongan
  • Kulkul: kulkul sebenarnya hampir sama dengan kentongan baik dalam wujud yang mirip, cara penggunaan dan fungsi. Namun kulkul terbuat dari batang kayu yang berongga. Kulkul ini masih banyak dijumpai di Bali, disana jika kulkul ini dipukul maka warga akan berkumpul.
    kulkul
    kulkul
  • Bedug: alat ini terbuat dari kayu yang dibentuk membentuk silinder dengan tutup menggunakan kulit hewan, suara yang dihasilkan dari kulit tersebut. Di Indonesia bedug seringkali digunakan sebagai penanda masuk waktu sholat.
    bedug
    bedug
  • Bereguh/Terompet: bereguh merupakan alat komunikasi yang menghasilkan suara saat ditiup, bereguh terbuat dari tanduk kerbau. Biasanya bereguh digunakan oleh suku-suku dipedalaman. Saat bereguh ditiup komunikasi yang ditangkap bisa berupa kewaspadaan, disuruh berkumpul atau berkomunikasi dengan suku yang dekat dengan lokasi bereguh tersebut ditiup.
    bereguh
    bereguh

3. Alat komunikasi berupa sandi
Merupakan suatu alat komunikasi yang berupa sandi baik berupa bunyi, tulisan maupun gerakan yang dapat dipahami oleh orang-orang yang telah mempelajarinya.
Contoh:Morse, Semaphore, dll.

Sumber: Omah Pustaka - Alat Komunikasi Zaman Dahulu

Demikian artikel mengenai Alat Komunikasi di Zaman Dahulu. Semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada halaman yang ingin ditanyakan.

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Back To Top