Kumpulan Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs

Rabu, 12 Agustus 2015

Alat Informasi dan Komunikasi Modern

Alat informasi dan komunikasi modern. Setelah sebelumnya membahas mengenai alat komunikasi zaman dahulu, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai alat-alat informasi dan komunikasi modern. Pada pembahasan kali ini akan dipecah menjadi dua bagian yaitu peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi.

A. Peralatan Teknologi Informasi
Peralatan teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas-tugasnya serta memperoleh informasi dari alat tersebut. Komputer merupakan salah satu peralatan teknologi informasi yang sangat terkenal dan hampir dapat ditemui dibanyak tempat seperti sekolah, kantor, instansi atau lembaga, bahkan dirumah.
Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan dan melakukan berbagai kegiatan, misalnya menyimpan data, mengolah kata, sarana hiburan dan lainnya.

B. Peralatan Teknologi Komunikasi
Peralatan teknologi komunikasi ini berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, misalnya telephone, radio, televisi, dsb.
1. Surat Kabar

Surat kabar pertama kali dibuat di Amerika pada tahun 1690 yang diberinama "Public Occurrenses Both Foreign and Domestick", sedangkan di Indonesia telah terbit sejak pertengahan abad ke 18 namun masih menggunakan bahasa Belanda dan untuk pertama kali surat kabar menggunakan bahasa melayu dengan aksara latin terbit di Indonesia pada tahun 1901.
Surat kabar berisi informasi mengenai topik yang beragam, diantaranya politik, kriminal, olahraga, tajuk rencana bahkan prediksi cuaca. Adapun contoh surat kabar diantaranya adalah majalah dan koran yang memuat berita teraktual dan terkini misalnya koran KOMPAS, Media Indonesia, Warta JATENG.
Seiring dengan perkembangan jaman, selain surat kabar pada media cetak juga terdapat pada media elektronik misalnya surat kabar online yang dapat diakses menggunakan internet seperti kompas.com, sindonews.com, dll.

2. Radio

Radio merupakan alat yang digunakan untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Berbagai bidang memanfaatkan radio sebagai alat dalam komunikasi misalnya angkatan laut, angkatan darat, dan angkatan udara.
Salah satu peranan penting radio adalah ketika kapal titanic tenggelam di tengah samudra yang luas dan jauh dari kapal maupun bantuan dari darat. Maka digunakanlah radio untuk menyampaikan informasi bahwa kapal titanic sedang mengalami masalah dan meminta bantuan ke kapal-kapal terdekat dan ke daratan yang terdekat.
Radio ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan suara melalui udara. Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dimana gelombang ini terbentuk saat obyek bermuatan listrik dimodulasi.
Modulasi adalah teknik menumpangkan sebuah sinyal pada sinyal yang lain, sistem modulasi yang sering digunakan adalah AM (Amplitude Modulation) dan FM (Frequency Modulation).
Radio sekarang juga beberapa sudah ditinggal dan beralih ke radio pada handphone dan streaming atau online.

3. Telephone

Telephone merupakan alat komunikasi jarak jauh yang mengirimkan suara melalui kabel telephone dan dapat menghubungkan komunikasi seseorang meskipun berada di seberang lautan. Biaya untuk menggunakan telephone ini pun juga relatif terjangkau.
Saat ini telah marak penggunaan telephone tanpa kabel atau yang lebih sering disebut telephone genggam atau HandPhone (HP), HP memiliki sisi praktis karena dapat dibawa kemana-mana tanpa harus berurusan dengan kabel.
Seiring dengan perkembangan zaman, HP tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi menggunakan suara saja, namun juga terdapat layanan pesan singkat SMS (Short Message Service) untuk pesan berupa tulisan, dan MMS (Multimedia Message  Service) untuk pesan berupa gambar, suara, dan animasi. Bahkan HP yang telah didukung teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service) dapat digunakan untuk browsing di internet.
HP dibedakan menjadi 2 berdasarkan data dan suara yang dikirimkan.
  • GSM (Global System for Mobile Communication)
  • CDMA (Code Devision Multiple Access)
Perkembangan teknologi di awal abad ke-20 sangat pesat. HP saat ini telah memungkinkan penggunanya berkomunikasi tidak hanya dengan interaksi suara saja namun juga mendukung adanya video atau yang sering disebut dengan video call dengan teknologi 3G.
3G merupakan singkatan dari third generation technology dengan teknologi 3G pengguna dapat menjalankan aplikasi seperti internet dengan kecepatan yang tinggi yakni 2Mbps, video live atau video call. Semakin canggihnya teknologi membuat pengguna seakan-akan tidak terpisahkan oleh jarak.

Teknologi terbaru sekarang adalah HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) atau yang sering disebut 3,5G. Adapun kelebihan dari HSDPA adalah mengurangi waktu jeda (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat. Selain itu HSDPA mampu meningkatkan kapasitas sistem tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan dimana hal tersebut membuat layanan mobile data (kuota) menjadi lebih hemat.

4. Televisi

Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang paling banyak digunakan karena hampir setiap rumah memiliki televisi.
Televisi merupakan suatu pesawat yang menangkap siaran dari sinyal pemancar berupa gambar dan suara. Televisi dimanfaatkan dalam bidang informasi berupa berita, promosi produk, hiburan, dll.
Perkembangan televisi juga sekarang sangat pesat yang dulunya layar tabung yang cembung, sekarang layar lcd dan led yang lebih hemat daya dan mengurangi iritasi pada mata.

5. Internet

Internet merupakan sebuah jaringan yang saling terhubung, kita dapat terhubung dengan seseorang yang berada di jaringan internet baik di dalam negeri maupun diluar negeri karena skala internet adalah dunia bukan negara.
Internet identik dengan teknologi web seperti web browser yang digunakan untuk mengakses internet.

Demikian artikel mengenai Alat Informasi dan Komunikasi Modern. Semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada halaman yang ingin ditanyakan.

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Back To Top